Keris Luk 13 Sindujoyo Maha Karya Sejarah di pegang oleh Rachmad Rofik Bacabup PDIP 2020.



KERIS LUK 13 SIMBOL RUKUN SHALAT 


Sejak penyebaran Islam di Jawa, pengaruh Islam dalam keris juga sangat kental dan terasa. Muncul akulturasi kuat diantara keduanya berikut dengan pemaknaannya. Begitupun dengan angka 13. Terdapat kepercayaan kuat dimasyarakat di berbagai tempat bahwa angka 13 adalah angka keramat dan penuh makna. Konsep angka 13 misalnya dalam ajaran islam bisa dimaknai sebagai jumlah rukun shalat. Shalat adalah tiang agama yang menjadi pondasi dasar kokohnya agama. Berikut ke-13 rukun shalat tersebut; 1) Niat, 2) Takbiiratul-ihraam, 3) Membaca Al-Fatihah, 4) Ruku’, 5) I’tidal atau Berdiri tegak setelah ruku’, 6) Sujud dengan tujuh anggota tubuh, 7) Duduk di antara dua sujud, 8) Thuma’ninah dalam semua amalan shalat, 9) Tertib urutan untuk tiap rukun yang dikerjakan, 10) Tasyahhud akhir, 11) Duduk tasyahhud akhir, 12) Shalawat atas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan 13) Dua kali salam.

Kiranya inilah salah satu yang mendasari mengapa angka 13 menjadi penting dalam dunia tosan aji. Jika anda penggemar tosan aji, saya yakin ada sesuatu yang juga anda rasakan (berbeda) saat anda nanting tosan aji berlekuk 13 . Misalnya kita ambil contoh, Keris dhapur Sindujoyo merupakan lambang kestabilan dan kebijaksanaan hidup yang banyak diperuntukkan untuk para ksatria, pemimpin, dan jika kini, para pejabat dan pegawai pemerintahan karena tentu dibutuhkan kestabilan dan kebijaksanaan dalam memimpin. Apa kaitannya dengan 13 rukun shalat tadi? Jika ibadah shalat anda benar, maka anda akan dapatkan kestabilan dalam berfikir dan bertindak. Ada keseimbangan emosional dan kecerdasan gerak yang anda dapatkan.

Dan salah satu warisan sejarah itu ada pada Keris Luk 13 Sindujoyo yang sangat terasa wibawa dan aura mistisnya. Disamping sebagai warisan sejarah asli Gresik, mahakarya ini adalah sebuah pusaka Gresik tak tertandingi di wilayah Pantura dan sekitarnya.




#kerispusaka #keris
gresikheritage.web.id 
gresikbaik.com 
Keris Luk 13 Sindujoyo di pegang oleh Rachmad Rofik Bacabup PDIP 2020. https://surabaya.tribunnews.com/2019/12/02/pilkada-gresik-2020-bacawabup-gresik-bagikan-ribuan-liter-air-isi-ulang

Comments

Popular posts from this blog

Isi Kitab Surowiti : Wejangan Spiritual Sunan Kalijaga

Sekilas Riwayat Kyai Toemenggoeng Poesponegoro

Gresik: Sebuah Catatan Perjalanan Sejarah Islam Nusantara